Kamis, 01 Maret 2012

Putih abu-abu

Seragam

            Setelah gue resmi jadi murid SMA gue pun memakai seragam yang udah gue idam-idamkan sejak dulu. PUTUH ABU-ABU. Denger namanya aja udah bikin gue nambah dewasa.
            Hari pertama, gue ngerasa gerah banget. Maklum, baju baru gitu loooooh. Masih putih, bersih dan kegedean. Seperti biasa, mamah selalu ngasih baju ke gue yang kegedean, katanya sih gue itu cepet tinggi, jadi sayang kalo nanti kekecilan. Keren! Pengehematan banget. Di hari pertama gue pake seragam, gue selalu ngerasa pusing. Gila silau banget liat baju-baju baru, di tambah lagi baunya seragam yang masih baru. Mantap. Gue sampe vertigo.
            Pernah mikir nggak sih, kenapa SMA itu pake seragam yang warnanya putih abu-abu? Kenapa nggak putih kuning? Putih hitam? Atau putih ungu? Kalo boleh gue request sih gue maunya warna kuning dan ungu. Aneh ya? Tapi bangus kok, kalo nggak ungu sama silver. Tambah aneh ya? Hmmm, gimana kalo putih abu-abu? Oke deal gue setuju.
            Menurut gue lebih baik pake baju seragam ke sekolah disbanding baju bebas. Bukan karena gue nggak punya baju yang pantes buat sekolah lho ya, tapi menurut gue, seragam adalah penghubung yang tepat antara si miskin dan kaya. Maksudnya sih, kita ke sekolah buat belajar, bukan mau pamer harta, jadi dengan adanya seragam akan terlihat lebih romantis J
            Meskipun begini, masih ada aja yang nggak setuju ke sekolah pake seragam, mereka lebih suka pake pakaian bebas ke sekolah, kaya di LN gitu deh. Gue juga nggak tau apa tujuannya, apakah mau pamer baju atau emang dia udah alergi sama seragam sekolah. Tapi kalo menurut gue sih ribet banget pake baju bebas disekolah. Kita harus punya banyak baju yang cocok untuk sekolah dan kalo nggak, pasti ujung-ujungnya pake baju yang itu-itu aja. Nggak enak juga kan diliatnya.
            Selain itu, menurut gue seragam itu berguna banget. Dan untungnya seragam SD, SMP dan SMA beda-beda. Gue pernah punya pengalaman yang nyebelin, saat ada tamu di rumah gue, si tamu bilang begini. “Ini susi ya? SMPnya dimana?”
            Hadeuuuh nyesek banget deh, gue udah SMA kali, Bu. Saat mendengar itu gue kesel banget, gue pun jawab dengan tersenyum, “Bukan SMP, Bu. Tapi SMA”
            Setelah itu dia Tanya lagi, “Oh SMA? Kelas X apa? Kenal nggak sama anak ibu? Namanya Mario Maurer (Nama samaran). Dia kalo di sekolah gimana? Nakal nggak?”
            Sebenernya gue pengen banget jawab begini, “Aduh, Bu. Saya ini udah kelas XII, dan saya nggak tahu anak ibu, sumpah, saya nggak tahu anak ibu yang tiap hari kerjaannya remedial, dimarahin guru, dan suka godain saya itu.”
            Ada lagi pengalaman yang cukup brengsek. Saat itu gue dan temen gue, Pipit, punya slogan “Jauh dekat 1000”. Gue sama dia itu anak angkot, disini maksudnya bukan anak yang dilahirin di dalem angkot, tapi maksudnya kita kemana-mana selalu naik angkot. Saat BBM naik, kita merubah slogan kita dengan “Jauh dekan 1500”. Nah saat itu ceritanya gue mau ke Mall (ceileeh gaya banget ya gue?), gue latah banget ngasih ongkos 1500 ke supirnya, padahal jaraknya itu jauh dan gue pake baju bebas, alhasil supir itu ngebacot nggak jelas, ya gue nggak terima dong dimarahin, gue balik marah,tapi gue langsung inget, sekarang minggu dan gue pake baju bebas, akhirnya gue nambahin tuh ongkos. Ah gila malu banget. Tadinya gue pengen banget jawab gini “Mas! Saya ini pelajar! Saya punya 2 nomer induk (NI), NIS dan NISN. Kurang apa coba? Saya juga udah terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional tahun 2012. Dan apa mas nggak bisa liat muka saya? Ini namanya Baby face. You know Baby face? What? Nggak tahu Baby face? NDESO!!!” Dari kejadian itu, gue sadar, ternyata seragam berguna saat kita naik angkot.
            Tapi ada satu hal yang gue suka dari sekolah gue, yaitu saat hari sabtu, sekolah gue membolehkan murid-muridnya memakai baju bebas. Gue seneng banget, akhirnya ada penengah untuk pro dan kontra ini. Di hari itu, murid-murid bebas berkreasi, beraksi dan untuk siswa yang alergi seragam murah, hari sabtu juga merupakan hari pamer kekayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar