Kamis, 01 Maret 2012

Ekskul


            Disekolah, saat gue kelas X, gue langsung ikut tiga ekskul sekaligus. Gue ikut Merpati Putih, Modern Dance dan Tradisional Dance. Jadwal latihan yang sangat padat, ditambah sekolah gue yang jadwal pulangnya pukul 16.15,  bikin gue seneng banget. Gue bisa bebas dari tugas nyuci piring di rumah.
            Sebenenya gue ikutan merpati putih dari SMP, bisa dibilang gue udah tingkat tiga. Tapi entah kenapa, gue nggak bisa matahin satu betoncor pun saat Ujian Kenaikan Tingkat.
            Ngenes.
            Gue kalah-kalah sama anak SD, cewek pula. Gue keliatan rendah banget saat itu. Gue melongo nganggur ngeliat anak tadi dapet banyak tepuk tangan.
            Di Merpati putih gue paling suka seninya, belajar gerakan-gerakan jurus menurut gue itu hal yang seru dan keren banget. Gue jadi ngerasa cantik.
            Oh iya, bagi yang nggak tau, Merpati putih itu salah satu pencak silat juga.
            Gue nggak lama ikutan ekskul ini di SMA, karena gue sekolah sampe sore, dan itu capek banget rasanya. Tapi ini karena gue belum terbiasa aja. Sekarang gue udah hampir tiga tahun sekolah dengan jadwal seperti itu, jadi gue udah terbiasa.
            Selain MP, gue juga ikut Modern Dance. Awalnya gue ikutan cuma buat acara perpisahan kelas tiga aja. Gue juga diajak temen, karena saat SMP gue ikutan Modern Dance juga meskipun dadakan. Dan lagi-lagi buat acara perpisahan waktu gue SMP.
            Perpisahan di sekolah gue selalu bertepatan sama Hari Pendidikan Nasional, tanggal 2 Mei. Di acara itu gue tampil dua kali, lumayan capek juga sih. Tapi ini resiko orang cantik. Nah lho.
            Pertama, gue tampil membawakan Drama Kolosal yang berjudul Nyi Mas Gandasari dan Syekh Magelung.           
            Drama kolosal ini bercerita tentang Nyi Mas Gandasari yang mengadakan sayembara untuk mencari pasangan hidupnya. Konon, karena kecantikan dan kepandaiannya dalam ilmu bela diri, banyak yang meminangnya, namun Nyi Mas Gandasari tidak bisa menerimanya begitu saja. Akhirnya dia memutuskan bahwa siapa yang bisa mengalahkannya dalam ilmu bela diri, maka dia adalah jodohnya. Sejumlah pangeran, pendekar, maupun rakyat biasa dipersilahkan untuk menjajal kemampuan sang putri. Namun sayang sekali, tak ada satupun yang bisa mengalahkan Nyi Mas Gandasari. Hingga akhirnya Syekh Magelung memasuki arena sayembara, meskipun keduanya tampak imbang, namun karena faktor kelelahan, Nyi Mas Gandasari akhirnya menyerah dan akhirnya mereka dinikahkan oleh Sunan Gunung Jati, salah satu wali sanga dari Cirebon.
            percaya nggak percaya, gue jadi pemeran utama saat itu. Ya, bener! Gue jadi Nyi Mas Gandasari. Dan saat gue tampil semuanya nyorakin gue. Gue jadi ngerasa tambah cantik deh.
            Gue udah latian selama tiga bulan di kacirbonan sama temen-temen dari kelas X.7, X.6 dan X.5 yang lain. Pagelaran saat itu adalah tugas wajib buat kelas X. Masing-masing kelas disuruh memilih apa yang akan ditampilkan buat tanggal 2 mei. Pilihannya pun di persiapkan oleh guru Seni Musik. Ada yang memilih Liong, genjring akrobat, Drama kolosal, dll.
            Setelah gue tampil di drama kolosal itu, gue ngerasa capek banget. Soalnya gerakannya ribet, dan banyak adegan naik-naik ke punggung orang. Gue jadi inget saat latian di sana, gue pernah jatoh saat diangkat, kepala gue sampe kebentur lantai, tapi untungnya kejadian itu nggak bikin gue jadi jelek. Alhamdullilah yah.
            Penampilan Drama kolosal gue keren banget, gue difotoin sama semua orang. Entah berapa banyak kamera yang di pake buat mengabadikan penampilan gue yang keren itu.     Menurut gue sih sebenernya semua orang pengen minta tanda tangan gue, cuma waktu itu gue lagi buru-buru banget karena harus tampil lagi buat yang kedua. Iya kan?
            Gue langsung pergi ke kamar ganti buat ganti baju. Rambut gue acak-acakan, make up gue kacau balau dan belum diganti. Temen-temen gue make upnya modern banget, sedangkan gue tradisional banget (baca: menor).
            Celana gue kedodoran, dan gue lupa bawa sabuk. Mati gue! Mungkin sampe disini aja keeksisan gue. Gue galau banget saat itu. Mondar mandir nggak jelas dan garuk-garuk kenapa. Gatel nih banyak nyamuk.
            Nggak Cuma itu masalah gue menjelang detik-detik gue mau tampil lagi. Tiba-tiba gue lupa gerakan tarian gue, gue langsung minta latian sebentar. Baru sebentar banget, nama grup MD gue dipanggil. Gue panik, syok, pusing, apalah itu namanya gue nggak peduli. Gue langsung lari dan saat di tengah panggung gue ngerasain suasananya beda banget. Ternyata gue demam pangung tingkat tujuh.
            Capek, pusing, demam panggung, itu yang gue rasain saat tampil. Kurang brengsek apa coba? Penampilan gue ancur banget, tengok kanan kiri, enggak fokus sama lagu. Aaaah bete! Pengen rasanya gue ninggalin lapangan yang lagi panas banget itu.
            Setelah tujuh hari tujuh malam, akhirnya dance gue pun berakhir. Gue lega. Lega banget. Seperti dunia dan isinya ini cuma punya gue. Nggak penting orang mau bilang apa tentang gerakan gue yang mirip trenggiling. Yang penting gue bisa istirahat.
            Besoknya, gue masuk sekolah seperti biasanya. Gue nggak enak badan. Ya, gue bener-bener nggak enak badan! muka gue pucet, badan gue pegel-pegel. Akhirnya gue pergi ke UKS. Ternyata di UKS juga banyak yang sakit kayak gue. Gue pun harus rela antri cuma untuk sekedar rebahan.
            Oh iya gue lupa ngenalin nama grup MD gue. Nama grup MD gue adalah Bee Dance, dibentuk tanggal 24 April 2010 dan terdiri dari 6 orang yang cantik-cantik. Dan karena ini adalah buku gue, maka gue putusin bahwa yang paling cantik adalah gue. No comment please.
            Setelah tampil di pagelaran sekolah. Grup MD gue diminta buat jadi gueststar di SMP gue. Keren nggak sih? Hahaha
            Saat gue tampil di SMP, gue kaget, karena begitu banyak yang manggil nama gue. "Teh Susi" atau "Ka Susi" begitulah teriakan-teriakan yang saat itu lewat ditelinga gue. Ebuset, kok pada tau gue ya? Gue kan nggak eksis-eksis amat waktu di SMP. Apakah ini tanda-tanda bahwa gue akan jadi terkenal?  
            Setelah itu, tawaran lomba dan manggung pun semakin padat. Sebagai grup MD yang masih baru, bisa dibilang kita punya kemajuan yang cukup pesat.
            Pernah waktu itu ada acara Ponds Face Dance Battle Competition. Acara dance yang diseleksinya dari sekolah-sekolah. Setelah diseleksi di tiap sekolah, ada seleksi lagi di tiap kota dan dipilihlah 10 grup Modern Dace untuk lomba lagi di bandung, tepatnya di BIP. Dan alhamdullilah, kita lolos terus sampe bisa ke Bandung.
            Saat di Bandung, ternyata grup MD yang dateng sedikit, mungkin masalah uang transpot yang mereka pikir mahal. Padahal kalo udah dateng kesana kita dapet ganti uang transpot kok. Lumayan lagi. Hehehe
            Kita pikir acaranya sehari, ternyata dua hari. Huh! Padahal kan pengen banget seharian jalan-jalan sekitar bandung sebelum pulang.
            Seperti biasa, manusia tak luput dari masalah, dan disini masalahnya adalah lagu dan kostum yang kita siapin cuma satu! Panik, pusing, dan saling menyalahkan pun terjadi disini.
            Saat hari pertama kita dinyatakan lulus ke tahap selanjutnya. Kita pusing mau nampilin apa buat besok. Malemnya kita ngemix lagu baru dan untuk kostumnya kita cuma tuker-tukeran baju. Setelah itu kita memutuskan untuk jalan-jalan di sekitar BIP sampe jam 12 malem. Gue puas dan seneng, ini pertama kalinya gue jalan-jalan malem, sampe jam 12 lagi. Biasanya kalo jam 5 sore belum ada dirumah, gue selalu di smsin dan ditelfonin. Kalo gue matiin hape, pasti orang rumah smsin semua temen-temen gue, kan gue malu.
            Ditahap kedua ini, cuma dipilih tiga grup MD yang paling baik. Namun disini, sepertinya Dewa bujana tidak memihak kita, mungkin dia sedang sibuk dengan Giginya. Kita nggak dapet juara 1, 2, atau 3. Tapi kita tetep bersyukur karena bisa maju sampe tahap ini.
            Gue bangga, temen-temen gue juga bangga. Kita semua saling bangga-bangga-an.
            Sebelum kita pergi ke Bandung buat ikut event Ponds Face Dance Battle Competition, sempet ada event lain, kalo nggak salah namanya Hang Out Fest Goes To Ciwalk Bandung. Lagi-lagi namanya panjang. Emang nggak ada ya nama yang lebih singkat? Acara ini bertepatan dengan piala dunia yang waktu itu lagi musim-musimnya.
            Bee Dance tampil pertama meskipun dapet nomer urut kedua. Menurut gue penampilan kita keren banget, meskipun gue pake sepatu yang udah bolong. Bisa aja kan itu jadi jimat? Haha musyrik.
            Dan nggak disangka-sangka kita dapet juara II. Meskipun nggak mewakili cirebon di Bandung, gue dan temen-temen tetep seneng karena kita dapet sertifikat dan uang Rp 750.000. Wow lumayan kan? Uang itulah yang jadi bekal buat ke Bandung di acara PFDBC. Kali ini sengaja gue singkat, abis capek banget ngetiknya.
            Ah banyak banget prestasi yang udah gue buat sama temen-temen bee dance lainnya. Nggak akan cukup buat diceritain disini.
            Tapi saat gue kelas XI semerter dua, gue keluar dari Bee Dance dengan alasan gue harus fokus belajar, dan orang tua gue nggak suka kalo gue pulang sore-sore terus. Sebelum keluar juga udah ada dua temen gue yang keluar. Maaf ya Ina, Echa, Vera.
            Yah, meskipun saat itu sempat terjadi konflik karena anggota yang paling cantik keluar. Tapi gue cuma bisa berdoa supaya nggak melebar kemana-mana konfliknya.       Sekarang kita berenam masih baik-baik aja dan sehat walafiat. Kita saling mendukung dan mensupport. Dan sekarang yang terakhir gue denger, Bee Dance jadi makin terkenal. Wiww keren kan?  Semangat kakaaaaa :)
            Selain MP dan MD, gue masih punya satu ekskul lagi yaitu Tradisional Dance. Gue selalu rajin latian soalnya ini ekskul seru banget. Tapi sayangnya gue nggak pernah tampil.
Ngenes!
            Pernah sih waktu itu ekskul ini tampil di sebuah acara yang diselenggarakan di sekolah. Acaranya tentang lomba-lomba bahasa inggris, dan pesertanya dari berbagai macam sekolah di Cirebon baik kota maupun Kabupaten. Tapi yang bikin gue nggak tampil adalah saat itu gue jadi PANITIA. Sedih campur iri juga ngeliat temen-temen yang tampil pada difotoin dan ditepuktanganin sama orang-orang. Sedangkan gue cuma bisa duduk di kursi penerima tamu. Nggak cuma duduk aja sih sebenernya, gue juga jadi penunjuk arah toilet.
            "From here you must go straight ahead, after that turn left" kalimat inilah yang selalu gue ucap berulang kali ketika ada orang yang bertanya "Excuse me, can you show me where the toilet is?"
            pernah juga ada yang tanya gini, "Excuse me, can you tell me the toilet?" gue ngerti mungkin ini maksudnya sama kayak yang diatas. Mungkin dia terpukau liat kecantikan gue jadi dia kurang ngasih kata-kata lain, misalnya gini harusnya, "Excuse me, can you show me where is the toilet?" yak gue pikir pasti begitu maksudnya. Tapi kalo dipikir pake otak pentium 1, ini pasti jadi aneh. Dia minta ke gue buat nyeritain si toilet. Waduuuh, maaf nih, gue nggak tau si toilet itu kayak gimana orangnya. Tapi diliat dari namanya kayaknya dia tipe yang mesum deh. Gue saranin buat jangan deket-deket dia deh kalo lo enggak mau disakitin.


 ini team Modern Dance gue waktu tampil di acara Speedy :) ada 2 orang yang berhalangan hadir dan akhirnya kita cuma berempat yang ngisi acara :(
Dan di foto itu gue yang paling kanan hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar