Kamis, 01 Maret 2012

MOS


            MOS? Apa itu MOS? Dalam bahasa, MOS berarti Masa Orientasi Siswa. Dan dalam pengertian istilah, MOS adalah keadaan dimana murid baru dikerjain oleh murid lama (senior). Sepele banget kan? Dan nggak penting sebenernya gue jelasih istilah MOS, karena  siswa-siswi Indonesia pasti udah pada tau apa itu MOS. Nggak tau MOS? Ndeso!
            Banyak  yang bilang MOS itu enak, tapi ada juga yang bilang nggak enak. Emang banyak banget pro dan kontra yang terjadi. Tapi menurut gue pribadi, MOS situ asik-asik aja ah. Kita bisa cuci mata dan nebelin mental kita.
            Kenapa cuci mata? Karena banyak banget yang baru- baru disini. Kaka kelas baru, temen baru. Dan sukur-sukur dari situ kita bisa dapet pacar baru. Hahaha
            Dan kenapa nebelin mental? Karena yang seperti kita tahu, Mos itu lumayan  kejam. Contohnya dimarah-marahin sama kakak kelas. Dan gue juga pernah liat di tivi, ada peserta MOS yang sampe disiksa. Kejam!
            Gue jadi inget saat gue MOS di SMA. Pagi-pagi saat hari MOS pertama, waktu itu, sekitar jam lima, gue udah siap dengan seragam SMP gue dan segala macem embel-embel MOS yang lain. Nggak tau kenapa hari itu gue ngerasa cantik banget. Kayaknya baru sekarang gue ngerasain di mos yang bener-bener di mos.
            RAMBUT GUE DI IKET LIMA. Ya, itu dia yang bikin gue seneng. Gue nggak pernah di mos kayak gini sebelumnya. Selama ini gue cuma liat orang aja, soalnya waktu pertama gue masuk SMP, sekolah gue ngelarang rambut calon siswa-siswinya di iket-iket gitu.
            "Hey hari ini gue udah SMA." teriak gue dalem hati sambil senyum-senyum sendiri. Gue seneng banget, kata orang-orang kan masa SMA itu masa paling indah. Gue jadi penasaran seindah apa sih? Indahan mana sama gambar gue yang dapet nilai 80 pas pelajaran seni budaya di SMP?
            "Dan... Hari ini gue udah siap di mos sama kaka kelas gue!." teriakan dalam hati gue makin kenceng. Tapi sebenernya mau gue teriak sekenceng apapun kayaknya percuma deh, soalnya kan nggak ada yang tau gue ngomong apaan. Jadi intinya, ngapain gue teriak sih?
            Saat MOS, gue dapet kelas X.1. kelas gue dinamai Pediculus Humanus Capitis (PHC). Bagi yang nggak tau, PHC itu nama latin dari kutu. Dan semua kelas yang lainnya pun diberi nama latin yang unyu banget.
            Hari itu sebenernya masuk jam 6, tapi seperti yang udah gue bilang tadi, hari itu gue ngerasa cantik banget, makanya gue bangun pagi, beresin tempat tidur, nyiapin bekel dan dandan seperlunya. Kenapa seperlunya? Karena setau gue kaka kelas kalo lagi ngospek itu sensitif banget. Ada hal kecil tapi di besar-besarin. Contohnya: lo nggak ngabisin bekal makan siang lo, pasti kaka kelas udah ngomel panjang kali lebar. Dibilang nggak mandiri lah, manja lah, lelet lah.
            Tapi gue ngerti kok, sebenernya kaka kelas itu sayang sama kita, mereka cuma pengen bikin kita mandiri. Dan misalkan gue jadi pengurus OSIS pun gue akan ngelakuin hal yang sama kayak yang mereka lakuin saat ngospek gue. Love you kaka :*
            Hari itu, sebenernya gue pengen banget pake parfum lebih banyak dari biasanya, tapi gue sadar, gue nggak mau keliatan mencolok di mata kaka kelas. Alhasil gue ngurangin kadar parfum gue sebanyak 50%, yaaah, itung-itung penghematan. Bahaya juga kan kalo gue lewat depan kaka kelas dengan bau parfum yang semenyengat itu, nanti gue dikira songong, atau bisa aja gue dikira anaknya orang jualan parfum.
            “Dek, bapa kamu orang jualan farfum ya?”
            “Kok kakak tau?”
            “Karena kamu telah membuat harum hatiku”
            Dan abis itu gue bakal dikerjai abis-abisan sama kakak kelas gue, gue diseret ke WC terus gue dicelupin ke bak mandi, gue kan nggak bisa renang. Dan sekarang gue sadar, kayaknya gue harus ngurangin dosis sinetron gue.
            Sehari sebelumnya, tepatnya hari minggu gue disuruh ke sekolah buat nyatet apa-apa aja yang mesti gue bawa saat mos di hari pertama. Kita disuruh bikin tanda pengenal yang harus ada foto kita. Kebetulan kelas gue kebagian foto gaya Jacko. Kita disuruh foto didepan lampu merah dengan gaya Jacko.
            “Mau gaya Moonwalk, atau gaya ihiw-nya Jacko terserah kalian deh. Yang penting gaya Jacko dan foto diambil di lampu merah!” kata salah satu kakak kelas gue. Selain itu, kita juga disuruh nyebutin nama idola. Saat itu gue tulis aja kalo idola gue Danniel Radcliffe. Menurut gue, itu aman banget. Gue nggak akan disuruh nanyi karea Danniel bukan penyanyi. Kalopun gue disuruh acting itu masalah gampang, gue tinggak acting orang yang lagi sakit gigi atau orang yang bisu. Hidup itu jangan dibikin susah, kawan.
            Gue juga di ajarin yel-yel Cleaners. Oh iya, Cleaners itu sebutan buat calon siswa-siswi SMA gue. Dalam satu hari kita harus hafal yel-yel cleaners itu. Nggak cuma hafal yel-yel, kita juga harus ngafalin gerakan-gerakannya.
            "Ada cleaners dimana-mana. Ada cleaners dimana-mana. Vini vidi vichi. Triiiingggg.. Gujes-gujes. Ihiw" gue teriak-teriak sambil meragain yel-yel ini di depan kaca yang super gede. Kali ini beneran teriak di luar hati lho yaa. Masalah gerakan yel-yel, pliss banget lo semua nggak usah nanya-nanya lagi. Karena ini masalah gue dan keluarga gue. Tapi gue sangat bersyukur banget gerakannya nggak terlalu frontal. Bahaya juga kalo gerakannya kaya iklan gery tori-tori.
            Oke, balik lagi saat hari pertama gue MOS. Saat itu, waktu menunjukan pukul 05.15 ini artinya gue harus cepet-cepet pake sepatu, dan langsung berangkat ke sekolah buat beli balon. Tadinya, nggak tau kenapa, kakak kelas gue nyuruh adek kelasnya buat beli balon. Gue hampir pusing, dimana gue beli balon pagi-pagi? Kalo gue beli sehari sebelumnya pasti kempes duluan.
            Tapi, dengan baik hatinya, kaka kelas gue nyaranin buat berangkat lebih awal karena biasanya ada tukang balon lewat depan sekolah gue. Dan bener aja, pas gue udah nyampe perempatan jalan, udah banyak Cleaners yang ngantri buat beli balon.
            Disana ada sekitar empat pedagang balon yang lagi berenti di perempatan. Kaka kelas yang berpakaian rapih juga udah nunggu di depan salah satu jalan dari perempatan itu, tepatnya jalan buat masuk ke sekolah gue.
            Sekolah gue bisa dibilang strategis banget tempatnya, di sebrang jalan sekolah gue ada lapangan bola dan gedung olahraga. Di depan perempatannya ada kantor pos. Diperempatan satunya ada kantor polisi, dan nggak jauh dari situ juga ada masjid yang gede banget, terus juga ada rumah makan, kolam buat berenang, supermarket, salon, pijat refleksi dan masih banyak deh tempat strategis lainnya.
            Karena gue terlalu ngeliat sekitar, gue lupa sama balon. Gue panik. Balon-balon yang mereka jual hampir abis. Dengan memanfaatkan kecantikan dan kecantikan gue, gue mencoba minta tolong sama seorang cowok yang lagi ngantri di depan gue, "Eh, tolong ambilin satu dong." kata gue dengan lemah gemulai, berharap dia mau ngambilin balon buat gue, sukur-sukur dia mau bayarin juga.
            Dia nggak nengok kebelakang, tapi dia bilang, "Ah, susah nih, ambil sendiri aja."
            What? Tunggu… Itu bukan suatu tolakan kan? Tapi kenapa hati gue sakit? Dia beneran nolak gue ya? JAHAT!
            Gue kurang cantik apa coba?
            Gue kurang sopan apa coba?
            Gue kurang lembut apa coba?
            Enak aja main nolak gitu. Awas aja, GUE HAFALIN MUKA LO!
            Nggak berapa lama, dia nengok ke gue, gue nengok ke dia, dan penjual balon masih aja jualan balon. Setelah ngeliat gue cukup lama dan ngalangin gue buat milih balon, akhirnya dia pergi.
            Pasti diantara kalian terutama teman satu angkatan gue, ada yang nanya-nanya, siapa sih cowok itu? Tapi gue tekankan setekan-tekannya ya, gue nggak akan nulis namanya di buku gue, sorry masbro, buku gue bukan ajang untuk bikin lo eksis.
            "Eh, Sus, dapet belum?" gue kaget tiba-tiba ada suara yang nyapa gue. Dan setelah gue liat, ternyata eh ternyata dia itu Pipit. Pipit itu temen gue dari SMP, dia temen ngompol gue sama Fella dan Acha. Hahaha mampus lo namanya gue sebutin semua. Wleee :p
            Yak, percaya atau nggak gue masih suka ngompol waktu SMP kelas 3. (Puas lo gue buka kartu?). Menurut gue ngompol itu wajar. Oke cukup. kita lanjutin ke masalah mos aja, jangan bahas tentang ini lagi plis. Kalo ada yang nanya, bilang aja nggak tau. Paham?
            Pipit bantuin gue buat ngambilin balon. Setelah kita berdua dapet balon, gue sama dia langsung jalan ke sekolah. Mulai dari perempatan itu, nggak boleh ada orang tua yang nganter lagi.
            Karena didepan jalan ada kaka kelas yang jaga, dan mau nggak mau gue sama pipit harus nyapa mereka dari pada nanti disekolah kita dapet penghargaan sebagai siswa paling nggak sopan di tahun ini. Hidih amit-amit. Bisa-bisa gue nggak akan dapet pacar disini.
            Bener-bener keren banget suasana jalan waktu itu, belum ada banyak kendaraan yang melintas, udaranya  sejuk banget (baca: dingin), dan langitnya masih agak gelap. Nyesel gue selama SMP siang terus berangkatnya, jadi kan yang ada suasana sumpek. Oh iya gue lupa bilang, SMP sama SMA gue itu sebelahan. Jadi nggak kerasa kalo gue udah pindah sekolah, rasanya kayak pindah kelas.
            Gue sama pipit menuju sekolah. Emang dasar si pipit itu lembut banget, sampe-sampe balon yang dipegangnya lepas dan terbang. Pipit panik banget, keringet dinginnya keluar dari berbagai penjuru. Karena muka Pipit itu keliatan agak tertindas, maka dia bilang ke kakak kelas yang jaga di depan pager kalo balonnya lepas dengan muka yang seperti udah kena tindas. Ngeliat ekspresi muka dan denger suara pipit yang gemeteran, kakak kelas itu nggak marah sama sekali, dia cuma nyuruh buat cepetan masuk kelas.
            Hari pertama MOS berhasil gue lewati dengan lancar, Cuma saat gue makan siang, gue mual banget. Masalahnya gue nggak suka mie goreng dan nggak suka kalo dipaksa saat makan.
            Ada satu kakak kelas yang neriakin gue saat itu, “Ayo abisin! Gitu aja lama!” dibilang kaya gitu, gue syok banget. Setengah mati gue nahan muntah sampe air mata gue keluar. Gue liat bekel temen-temen gue udah abis semua, tinggal gue sendiri. Dan saat kaka kelas itu pergi, gue buru-buru nutup bekel makan gue dan gue masukin ke kolong meja.
            “Udah abis semua?” Tanya kakak kelas itu lagi ke semua cleaners di kelas itu.
            “Udah, Kaaa.” Semua cleaners menjawab kompak, gue yang duduk di bangku paling pinggir deket pintu Cuma bisa diem, natap sekitar.
            “Siapa yang nggak abis? Angkat tangan!” ebuset! Ini kaka kelas udah kayak polisi aja.
            Semua anak diem, termasuk gue. Gue berdoa dalem hati biar nggak disuruh ngeluarin tempat makan tadi. Gue enggak kebayang bakal di apain kalo nanti gue ketauan.
            Hari kedua MOS, gue dikasih tugas buat bikin satu surat cinta minimal tiga lembar dan di depannya harus dikasih nama, nama kelas dan cap bibir. Nggak tau kenapa, gue malah nurut aja.
            Malemnya, gue bikin surat cinta yang puitis banget kata-katanya. Nyesel banget! Harusnya gue kasih itu ke orang yang bener-bener gue cinta. Yang bikin nyeselnya lagi, gue lupa belum fotokopi itu surat, kali aja suatu saat gue butuh. Soalnya bener-bener puitis banget suratnya. Gue juga nggak tau dapet ilham dari mana bisa bikin surat seromantis itu. Itu surat cinta pertama yang gue bikin!
            Gue  beneran bikin tiga lembar surat cinta dan dikasih cap bibir. Malem-malem gue masuk kamer mamah dan minta lipstick. Terus gue tempelin bibir gue yang mirip Angelina jolie itu ke amplop berwarna pink di bagian depan.
            Besoknya gue syok! Ternyata anak-anak yang lain nggak pake cap bibir dan isinya pun nggak nyampe tiga lembar. Kalopun ada yang tiga lembar tulisannya pasti gede-gede, nggak kaya gue, Times New Roman, 12pt. Malah ada yang isinya kayak gini, KAKAK I LOVE YOU. Udah kayak gitu aja. Nyeses nggak sih?
      Masa Orientasi Siswa yang lagi gue jalanin berlangsung selama 6 hari. Tiga hari di sekolah dan tiga hari di luar sekolah. Hari keempat sampe ke lima, gue sama temen-temen camping di daerah ciberem. Hutannya bener-bener hutan. Banyak pohon gede dimana-mana.
            Malem pertama, gue kangen banget sama mamah. Setiap gue camping, sejauh apapun itu, orang tua gue pasti ngejenguk. Kadang gue suka nitip pakaian kotor gue buat di bawa pulang, biar pas pulang, bawaan gue nggak terlalu berat. Curang nggak sih?
            Awalnya gue nggak mau mamah gue kesini, disamping jaraknya yang jauh, gue juga agak sedikit gengsi. Temen-temen gue pada nggak dijenguk, masa gue sendiri yang di jenguk? Nanti kalo gue disangka manja gimana? Meskipun aslinya iya, tapi kan ini lagi kondisi MOS, sebisa mungkin harus nutupin kemanjaan kita terutama didepan kakak kelas.
            Pas hari kedua gue camping, orang tua temen-temen gue pada dateng. Gue sempet kesel, tadi bilangnya nggak ditengok, kenapa sekarang dateng semua? Gue kangen mamah! Gue nangis glesoran dipojokan tenda. Dan akhirnya tanpa di duga, mamah gue dateng. (Peluk erat).
            Gue seneng camping disini, soalnya disini ada outbondnya, ditambah lagi jarak dari perkemahan ke WC jauh banget, jalannya juga nanjak, kalo nggak bisa nahannya bisa keluar ditengah jalan. Waah! Gue seneng banget pokoknya.
            Gue nyobain semua permainan termasuk Flying fox. Tadinya gue nggak mau, disamping banyak yang ngantri, flying fox disini tinggi banget dan bawahnya batu! Nggak kebayang kalo jatoh.
            Gue jadi inget pertama gue naik flying fox, saat itu gue lagi camping pramuka di SMP. Padahal flying foxnya nggak tinggi, tapi gue jerit-jerit nggak jelas. Untung gue nggak ngompol. Tapi setelah gue coba fling fox yang disini, rasanya beda banget. Gue ngerasa kayak naik flyng fox dan meluncur bareng paus akrobatis. Hey? Paus ditengah hutan?
            Gue seneng bisa ikut MOS. Meskipun dimarahin, dijemur, dan dibikin capek, tapi gue seneng banget. Kaka kelasnya asik-asik (baca: ganteng-ganteng). Kepercayaan gue bahwa masa SMA itu masa yang paling indah semakin bertambah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar